Kain Katun dan Jenis Jenis Kain Katun

Kain Katun dan Jenis Jenis Kain Katun

Kain Katun dan Jenis Jenis Kain Katun – Kain Katun atau cotton adalah bahan yang terbuat dari serat kapas dan sering dipakai untuk dijadikan pakaian dan paling banyak diminati. Kain katun berasal dari serat alami, tak mengandung bahan kimia yang memiliki sifat Hypo allergeniie. Kelebihan lain dari Kain Katun yaitu seratnya berongga seperti ventilasi sehingga kulit bisa bernafas. Katun sangat cocok digunakan di suatu negara yag memiliki iklim tropis seperti Indonesia, karena Katun mempunyai daya serap air atau Keringat yang sangat baik.

Katun Biasa

Bahan katun yang agak kaku, sedikit tipis, dan tidak stretch. Biasanya memiliki daya serap yang sedang hingga bagus. Harga pun relatif lebih murah dengan motif bahan seputaran polos, garis, bunga-bunga, ataupun abstrak

Katun Jepang

Bahan ini terbuat dari combed 100% full cotton. Bahan ini memiliki tekstur yang halus dengan daya serap yang sangat bagus. Harganya pun relatif mahal.

Kain katun jepang sebenarnya tidak berbeda dengan jenis katun lainnya, yang membedakan hanyalah pada tampilan bercorak dan bermotif colourful, penuh warna dan cerah. Ada sebagian yang menyebut kalau kain katun jepang lebih halus dari katun biasa.

Katun Paris

Katun Paris ada 2 macam yakni polos dan motif. Untuk yang polos, hampir sama dengan katun biasa hanya saja lebih tipis dan terawang. Harganya pun lebih murah dari harga katun biasa dan tidak ada kode warna pada kainnya. Untuk katun Paris yang motif hampir sama dengan katun Jepang hanya saja katun Paris motif, lebih tipis dari katun Jepang.

Katun Silk Sutra

Kain sutera adalah kain yang terbuat dari kepompong ulat sutera, sedangkan katun silk sutera adalah campuran atau kombinasi dari kain sutera dan kain katun.kain ini bahan kainnya ringan dan teksturnya licin nyaman digunakan karena halus dan kuat. Sekarang mulai banyak digunakan untuk dress dan rok.

Katun Ima

Katun ima merupakan salah satu kain katun yang memiliki sifat halus, rapi dan ketika dijadikan bahan pakaian, akan memberikan efek dingin dan menyejukan ketika dikenakan. Jika dilihat secara cermat, jenis katun ini memiliki serat garis kecil yang memiliki warna senada dengan warna dasar kain. Kain katun ima sendiri, terbuat dari bahan serat kapas. Sehingga terasa halus dan dingin.

Kelebihan Katun Ima
Katun ima sendiri memiliki kelebihan, kelebihan katun ima yaitu :

1. Daya serap keringat yang tinggi, membuatnya terasa dingin dan tidak mudah terasa gerah ketika dikenakan.
2. Memiliki permukaan kain yang lebih halus dibandingkan jenis katun lainnya.
3. Tidak berbulu
4. Warnanya lebih awet dan bisa bertahan lebih lama.
5. Tidak membuat alergi karena terbuat dari serat alami.
6. Tidak mudah kusut saat dicuci.

Jenis-jenis Katun Ima

Katun ima yang sudah diketahui ada tiga Jenis, yakni katun ima slub (Japan), katun ima non slub (Japan), dan katun Ima lokal.

Ciri-ciri Katun Ima

Banyak jenis katun ima yang banyak beredar di pasar di Indonesia. Untuk membedakan katun ima biasa dan katun ima yang bagus, kamu harus tahu apa saja ciri-cirinya. Nah, ciri-ciri katun ima yang bagus yaitu :

  • Asli memakai serat katun 100% tanpa ada campuran serat sintetis yang terlihat di bagian paling ujung katun import dari Jepang.
  • Memiliki tekstur yang tidak berbulu, lebih ringan, dan relative lebih lembut jika dibandingkan dengan jenis katun lainnya.
  • Serat katun alami yang dijadikan bahan utama dapat menyerap keringat dengan sangat baik
  • Dilihat dari sisi harga, memiliki harga yang terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan katun biasa.

Banyak yang mengatakan jika katun ima memiliki tampilan fisik yang mengkilap, tetapi ternyata katun yang yang mengkilap tersebut lebih disebut dengan katun sateen. Sateen dan satin adalah jenis kain yang berbeda. Sateen menggunakan struktur tenun, sedangkan satin menggunakan jenis benang yang berbeda yakni benang pintal bukan benang filament.